ANALISIS PENGARUH INTERVENSI BREATHING EXERCISE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN SISWA BIMBINGAN BELAJAR SAKURA

  • Toto Aminoto Poltekkes Kemenkes Jakarta III
Keywords: breathing exercise, anxiety level, paired samples

Abstract

Abstrak

Latar Belakang: Breathing Exercise adalah metode bernafas dengan cara tertentu untuk memperbaiki dan meningkatkan
kinerja organ tubuh, terutama paru-paru. Ternyata jika kita melakukannya dengan baik dan pernapasan teratur dapat
meningkatkan kualitas hidup dan menghindari kecemasan. Pada siswa yang akan mengikuti Ujian Nasonal sering
mengalami kecemasan yang disebabkan berbagai hal. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan efek Breathing Exercise
pada penurunan tingkat kecemasan.
Metode: Populasi dalam penelitian ini adalah siswa bimbingan belajar Sakura yang berada di Jatisari Jatiasih Kota Bekasi.
Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang memenuhi kriteria 31 responden Dalam
penelitian ini sebelum intervensi sebelumnya dilakukan pemeriksaan tingkat kecemasan. Setelah intervensi juga dilakukan
penyelidikan serupa. Sebelum dan sesudah hasil pemeriksaan kemudian dibandingkan dengan menggunakan analisis uji t
berpasangan parametrik
Hasil: Hasil uji t berpasangan menunjukkan nilai sign 0,00 dan nilaiα=5%,Dimananilaisign<α.
Kesimpulan: Breathing Exercise berpengaruh pada penurunan tingkat kecemasan siswa bimbel Sakura Jatisari Jatiasih
Kota Bekasi.

Abstrack

Background: Breathing Exercise is a method of breathing in a certain way to improve and improve the performance of
organs, especially the lungs. It turns out that if we do well and regular breathing can improve the quality of life and avoid
anxiety. In students who will follow the National Exam often experience anxiety caused by various things. This study aims
to show the effect of Breathing Exercise on decreasing anxiety levels.
Methods: The population in this study is Sakura's tutorial student who is in Jatisari Jatiasih Kota Bekasi. The sampling
technique used is purposive sampling. Samples that met the criteria of 31 respondents In this study prior to the previous
intervention anxiety level was examined. After the intervention, similar investigations were also conducted. Before and
after the examination results are then compared using t-parametric paired t test analysis
Results: The value of sign 0.00whilethevalueofα=5%.Wherethesignvalue<α.
Conclusion: Breathing Exercise has an effect on decreasing anxiety level of student of bimbel Sakura Jatisari Jatiasih
Kota Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.
JBKM.2.1.MEI.2018.57-61
Published
2018-05-30