Edukasi dan Simulasi Diet GFCF pada Anak Autis dengan Kartu Bergambar Inwilmah

  • Halimah Halimah Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Wilda Sinaga Prodi Diploma III Keperawatan, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jambi
  • Nur Insani Prodi Sarjana Terapan, Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jambi
Keywords: autism, education, GFCG diet, Nutrition, Picture cards

Abstract

Latar belakang: Autisme adalah gangguan pada perkembangan otak dan saraf anak. Diet Gluten Free Casein Free (GFCF) merupakan salah satu upaya untuk menurunkan masalah gangguan perilaku pada anak autis. Teknik edukasi yang tepat diharapkan menjadi salah satu solusi perawatan anak autis.

Metode: Pemberian edukasi dilakukan pada 40 orangtua anak autis di Pusat Layanan Autis Propinsi Jambi. Edukasi GFCF diberikan dengan teknik FGD selama 45-60 menit, dan simulasi menggunakan kartu bergambar “Inwilmah” selama 30 menit. Pengukuran pengetahuan dan sikap orangtua menggunakan kuesioner sebelum dan setelah kegiatan edukasi dan simulasi.

Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap pada orang tua anak autis tentang diet GFCF yang awalnya didominasi oleh pengetahuan kurang (97,5%) dan sikap baik (95%), setelah pelaksanaan edukasi pengetahuan orang tua menjadi pengetahuan baik (95%) dan sikap baik (100%).

Kesimpulan: Pemahaman tentang penerapan diet GFCF sangat penting dalam meningkatkan keberhasilan terapi pada anak autis.

 

Published
2024-05-31